Kamis, 30 Oktober 2014

Visi Misi PSG




A. Latar Belakang

Telekomunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari - hari untuk berkomunikasi antar individu atau lebih. Perlu mempersiapkan berbagai aspek kegiatan yang harus lebih baik dan lebih optimal untuk sarana telekomunikasi yang aman dan nyaman dibandingkan kondisi sebelumnya. Salah satu bentuk kesiapan itu adalah Ilmu Pengetahuan manusia tentang teknologi semakin meningkat bersama teknologi canggih. Menjawab tuntutan tersebut, SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru ikut ambil dalam pertelekominikasian Indonesia dengan menyelenggarakan program pendidikan yang sesuai dengan prosuder dan kurikulum yang telah ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS).
Salah satu bagian kurikulumnya adalah dengan menyelenggarakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematis antara pendidikan disekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan praktek langsung di dunia kerja.
Berdasarkan pada naskah perjanjian kerjasama antara PT. Telekomunikasi Indonesia dengan Yayasan Sandhykara Putra Telkom Nomor :TEL. 175/ HK810/ HRC60/ 2012 DAN Nomor: PKS. 09/ PDD/ DPPP-YSPT/V/2012. Tentang : PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) TERHADAP Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di bawah pembinaan YSPT untuk diberikan kesempatan guna memanfaatkan fasilitas TELKOM melalui Pendidikan Sistim Ganda. Dengan adanya naskah perjanjian tersebut, PT.TELKOM memberi kesempatan pada siswa dan siswi SMK Telkom Sandhy Putra untuk melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada kantor-kantor PT.TELKOM Indonesia Tbk dan membantu agar kegiatan Pendidikan Sistem Ganda ini dapat terwujud dengan baik serta memberikan banyak manfaat dan ilmu terhadap siswa dan siswi SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.

B. TUJUAN
1.      Tujuan Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) :
a.       Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian professional yaitu lulusan yang memilliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sama dengan tuntunan lapangan kerja yang semakin kompetitif.
b.      Terbiasa menghadapi dunia kerja yang akan dialami oleh siswa dan siswi di masa akan datang. Membentuk dan mengubah sikap/perilaku siswa dan siswi ke arah yang lebih positif melalui penyesuaian diri dengan lingkungan kerja di lokasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
c.       Untuk memupuk rasa kebersamaan dan kerjasama tim secara baik, terutama dalam menyukseskan suatu program kerja.
d.      Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
e.       Untuk mengukur kompetensi masing-masing siswa dan siswi setelah dihadapkan pada berbagai masalah di lapangan.
f.       Melatih kedisiplinan para siswa dan siswi untuk menghadapi lingkungan kerja.
g.      Menigkatkan dan menambah pengetahuan, keterampilan serta wawasan bagi siswa dalam dunia pekerjaan, khususnya dalam bidang pertelekomunikasian.
2.      Tujuan Pembuatan Laporan Pendidikan Sistem ganda (PSG)
a.       Untuk memenuhi dan melengkapi persyaratan nilai Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dalam bersekolah di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
b.      Sebagai bahan yang digunakan oleh siswa dan siswi untuk meningkatkan pengetahuan.
c.       Melatih siswa dan siswi agar berlatih dalam menuangkan ide-idenya kedalam bentuk karya tulis.

C. Batasan Masalah
Dalam penulisan laporan ini, saya hanya membatasi dalam hal yang saya lihat, saya pahami dan saya pelajari selama melaksanakan Pendidikan Sistem  Ganda  (PSG)  di  PT.Telkom Banjarmasin,  yaitu  :  Pasang baru Telepon , Pasang baru Speedy , dan Pencabutan Nomor bagi yang nunggak.
Dan untuk menyelesaikan permasalahan yang dibahas dalam laporan Pendidikan  Sistem  Ganda (PSG) ini,  maka penulisan  laporan  ini  disusun dengan sistematika sebagai berikut.

D. Metode
Ada beberapa metode yang digunakan dalam rangka memperoleh bahan untuk pembuatan laporan, antara lain:
1.      Metode Praktikum
Yaitu data yang didapatkan langsung ketika penulis melaksanakaan praktikum di lapangan/ruangan.
2.      Metode Observasi
Yaitu data didapatkan langsung pada saat penulis melakukan pengamatan dan pendataan terhadap objek yang kita pilih untuk diamati.
3.      Metode wawancara
Yaitu penulis memperoleh data dengan cara melakukan tanya jawab kepada narasumber/pihak yang terkai dibidangnya.
4.      Metode kepustakaan
Yaitu data didapatkan oleh penulis dengan cara mengumpulkan buku-buku terkait dalam penyusunan laporan yang ada diperpustakaan sebagai bahan pembuatan laporan.
5.      Metode Industri yaiitu penulis mengambil kesimpulan selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Yang dikumpulkan dari praktek dilapangan maupun teori yang didapatkan dari pembiming lapangan.

E. Manfaat Pendidikan Sistem Ganda
1.      Manfaat bagi siswa
a.       Menambah wawasan kepada siswa dan siswi.
b.      Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan perusahaan dan intansi lainnya.
c.       Mendapat pengalaman kerja untuk bekal nantinya.
d.      Menumbuhkan rasa kebersamaan antara pihak sekolah dan pihak perusahaan.
2.      Manfaat bagi DU/DI
a.       Memberikan kontribusi dalam pencapaian target pekerjaan di lapangan baik secara kualitas maupun kuantitas.
b.      Untuk membantu dunia industri mengidentifikasikan potensi SDM bidang telekomunikasi si pasar tenaga kerja.

0 komentar:

Posting Komentar